Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Bunga Matahari
Cara Menanam Bunga Matahari

Bunga matahari tumbuh paling baik di lokasi dengan sinar matahari penuh. Mereka sangat tangguh dan akan tumbuh di tanah apa pun asalkan tidak tergenang air. Mereka baik-baik saja di tanah yang sedikit asam hingga agak basa (pH 6,0 hingga 7,5). Begitu bunga matahari dimulai, mereka dapat mentolerir kekeringan sebagai tanaman layak yang leluhurnya tumbuh dengan gembira di daerah padang rumput yang kering. Mereka sangat mudah tumbuh sehingga mereka sering menanam diri mereka sendiri, bermunculan tanpa larangan di bawah pengumpan burung.

Biji bunga matahari, daun dan batang memancarkan zat yang menghambat pertumbuhan tanaman tertentu lainnya. Mereka harus dipisahkan dari kentang dan kacang polong. Di mana biji bunga matahari secara teratur digunakan sebagai pakan burung, racun dari kulit biji yang terkumpul akhirnya membunuh rumput di bawahnya. Tidak berbahaya bagi hewan atau manusia, racun akhirnya terurai di tanah.

Apa Itu Sejarah Bunga Matahari?

Bunga matahari kontemporer melacak nenek moyang mereka ke tanaman yang ditemukan di situs arkeologi yang berasal dari 3.000 SM. Sementara mereka tumbuh berlimpah di Great Plains, bunga matahari pertama kali sengaja dibudidayakan oleh penduduk asli Amerika di wilayah lembah Southwest atau Mississippi River sebagai sumber obat, serat, biji-bijian, dan minyak.

Ketika para pemukim Eropa tiba, mereka segera mengenali nilai bunga matahari dan mengirim benih kembali ke Eropa. Di sana mereka menemukan tempat di taman pondok Inggris dan bahkan lukisan-lukisan Van Gogh. Namun, di Rusia bunga matahari menjadi tanaman pertanian utama. Mereka menyediakan sumber minyak yang bisa dimakan tanpa melanggar hukum diet gereja. Pada awal abad ke-20, petani Rusia mempelopori pembiakan dan seleksi untuk ketahanan terhadap penyakit dan kandungan minyak yang tinggi. Pada 1960-an, AS mulai mempertahankan produksi komersial kultivar benih minyak untuk menghasilkan minyak nabati.

Sudah lama dicintai sebagai bagian dari lanskap pedesaan, bunga matahari telah dipeluk oleh tukang kebun sebagai tanaman hias yang relatif baru-baru ini. Menanggapi minat ini, peternak di Jerman, Jepang dan AS telah mengembangkan jenis yang sangat cocok untuk kebun rumah.

Haruskah Saya Menumbuhkan Biji atau Tanaman Bunga Matahari?

Meskipun bunga matahari dapat dimulai di dalam ruangan di pot gambut individu, paling mudah untuk menabur benih langsung ke tanah setelah semua bahaya musim semi telah berlalu. Namun, di mana musim tanamnya singkat, bunga matahari dapat ditanam dengan aman hingga 2 minggu sebelum musim semi yang diharapkan. Bunga matahari bisa dingin atau dingin. Di mana musim tanam panjang, yang terbaik adalah menunggu sampai suhu tanah mencapai 55 derajat hingga 60 derajat F.

Bagaimana Saya Menumbuhkan Bunga Matahari?

Untuk menanam bunga matahari:

  • Space biji terpisah sekitar 6 inci dalam parit dangkal antara 1 dan 2 inci. Di tanah berpasir, kedalaman 2 inci lebih baik.
  • Tutup dan terus disirami sampai biji tumbuh dalam 7 hingga 10 hari.
  • Saat daun sejati pertama kali muncul (kelompok daun kedua); tanaman tipis terpisah sekitar 2 kaki.
  • Tergantung pada varietasnya, bunga matahari akan matang dan mengembangkan biji dalam 80 hingga 120 hari.
  • Tabur baris baru setiap 2 hingga 3 minggu untuk menikmati mekar terus menerus sampai embun beku pertama.

Untuk ruang produksi benih maksimum, baris terpisah 2 hingga 3 kaki. Gunakan varietas tradisional, tinggi, penghasil benih seperti ‘Mammoth’ atau ‘Paul Bunyan Hybrid’, ‘Aztec Gold Hybrid’, atau ‘Super Snack Hybrid’.

Untuk menumbuhkan bunga yang lebih kecil untuk karangan bunga, tanaman ruang lebih dekat bersama? Sekitar 6 inci terpisah di Maine, atau sedekat 2 inci di tempat-tempat kering seperti Arizona. Lewati pemupukan. Tanaman akan jauh lebih kecil, dengan cabang lebih sedikit, tetapi batang akan lebih panjang dan bunga kepala ukuran yang baik untuk pengaturan.

Kiat Tumbuh Untuk Bunga Matahari

Akar bunga matahari menyebar luas dan dapat menahan kekeringan. Namun, yang terbaik adalah menyiram mereka secara teratur selama periode pertumbuhan paling penting yaitu sekitar 20 hari sebelum dan sesudah berbunga. Penyiraman yang dalam dan teratur membantu mendorong pertumbuhan akar, yang sangat membantu dengan varietas bunga matahari yang lebih tinggi yang berbunga mekar berat.

Bunga matahari tidak membutuhkan pemupukan. Namun, karena mereka tumbuh dengan kuat (mereka dapat dengan mudah tumbuh 6 kaki hanya dalam 3 bulan), adalah ide yang baik untuk menambahkan beberapa pupuk granular yang bekerja lambat ke tanah yang sangat miskin dan tipis. Semakin baik diet mereka, semakin besar bunganya. Jangan berlebihan mengonsumsi nitrogen karena itu akan menunda pembungaan. Menyebarkan lapisan mulsa 2 atau 3 inci dari beberapa jenis bahan organik di tanah akan mengurangi kehilangan kelembaban melalui penguapan dan mencegah gulma.

Sementara beberapa varietas bunga matahari tidak perlu dipertaruhkan, adalah ide yang baik untuk mendukung tanaman yang tumbuh lebih dari 3 kaki atau multi-cabang. Cabang-cabangnya cukup rapuh, terutama pada titik di mana mereka bergabung dengan batang. Dangkal berakar dan terbebani dengan banyak kepala bunga besar, tanaman rentan terhadap angin musim panas dan hujan. Ikat tanaman dengan longgar ke pasak dengan panjang kain atau bahan lembut lainnya sesuai kebutuhan.

Burung dan tupai bisa menjadi masalah ketika benih matang dan waktu panen mendekati. Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan benih, sangat menyenangkan untuk menyaksikan satwa liar menikmati hadiahnya. Anda mungkin ingin memotong kepala bunga dan menjemurnya di bawah sinar matahari untuk mengeringkan dan memberikan akses lebih mudah ke kehidupan liar. Sebaliknya, untuk mencegah burung dan tupai, alat penghalang paling efektif. Saat kepala benih matang dan bunga-bunga terkulai, tutupi masing-masing dengan bulu taman polyspun putih. Ini akan membiarkan cahaya dan udara masuk dan mencegah makhluk hidup keluar. Coba juga memotong beberapa daun yang paling dekat dengan kepala untuk mempersulit burung untuk hinggap dan memberi makan.

Rusa siap menghilangkan patch bunga matahari. Karena mereka menyukai daun baru yang lembut di bagian atas tanaman, pelindung kawat ayam 36 inci yang didukung oleh tiang bambu setinggi 6 kaki harus menahannya. Cukup angkat kawat saat tanaman tumbuh.

Apa Saja Beberapa Serangga & Penyakit Bunga Matahari?

Bunga matahari hampir tanpa perawatan seperti yang ditunjukkan oleh wajah mereka yang tersenyum. Namun, mereka kadang-kadang terinfeksi penyakit jamur seperti jamur dan karat. Downy Mildew menyebabkan bintik-bintik dan area pucat pada permukaan daun atas dan pertumbuhan jamur fuzzy di bagian bawahnya. Akhirnya daun layu dan mati. Daun tertua biasanya terinfeksi terlebih dahulu. Jamur berbulu halus kemungkinan besar terjadi pada malam lembab dingin dan hari-hari hangat lembab. Ini menyebar melalui spora kecil yang dibawa ke tanaman dan tanah oleh angin dan hujan atau ditransmisikan dengan alat-alat kebun. Itu tidak akan membunuh tanaman dewasa; itu hanya merusak penampilannya.

Karat muncul pada permukaan daun bagian atas terlebih dahulu sebagai bintik-bintik kuning atau putih yang berubah menjadi coklat atau hitam. Lepuh bengkak kemudian muncul di bagian bawah. Penyakit ini dapat menyebar ke batang dan bunga yang menyebabkan pertumbuhan terdistorsi. Karat kadang-kadang menyebar ke bunga matahari yang dibudidayakan dari gulma seperti mustard liar, dompet gembala, gulma, dan kandang domba.

Jika penyakit jamur terlihat lebih awal, penyemprotan dengan fungisida taman umum seperti yang diarahkan pada label produk dapat melindungi dedaunan yang sehat. Hapus dan hancurkan tanaman yang terinfeksi serius. Usahakan area tersebut disiangi dan bersihkan puing-puing tanaman dari kebun pada musim gugur. Desinfektan alat dengan mencelupkannya ke dalam larutan 1 bagian pemutih rumah tangga hingga 4 bagian air. Jaga tangan Anda bersih, dan jangan memegang tanaman saat basah.

Seekor ngengat bunga matahari abu-abu kecil terkadang bertelur dalam mengembangkan bunga matahari. Larvanya berwarna kuning kehijauan dengan 5 garis coklat di punggungnya. Mereka memberi makan di bunga dan menghancurkan benih, menciptakan massa anyaman dan puing-puing. Ambil cacing dari tanaman dan hancurkan di antara jari-jari Anda atau masukkan ke dalam kantong plastik untuk dibuang. Jika banyak tanaman yang terserang, semprotkan atau debu bunga dengan produk yang mengandung Bacillus thuringiensis (Bt) segera setelah Anda melihat larva. Larva akan memakan bakteri dan segera mati. Karena sinar matahari dan hujan dengan cepat menonaktifkan Bt, respray seperti yang diarahkan pada label produk.

Tips Pemanenan Untuk Bunga Matahari

Pada awal musim gugur, periksa kepala bunga untuk tanda-tanda kematangan. Sisi sebaliknya berubah dari hijau menjadi kuning-cokelat. Kepala besar akan mengangguk ke bawah. Pandangan yang dekat akan mengungkapkan kelopak-kelopak kecil yang menutupi benih yang sedang berkembang telah mengering dan sekarang rontok dengan mudah memperlihatkan benih matang yang penuh sesak.

Untuk memanen benih di depan burung dan tupai, potong kepala benih dengan satu atau lebih batang yang menempel dan gantung di tempat yang hangat dan kering yang berventilasi baik dan terlindung dari tikus dan serangga. Jauhkan kepala biji yang dipanen dari kelembaban untuk mencegah pembusukan dari jamur dan biarkan mereka sembuh selama beberapa minggu. Saat biji benar-benar kering, hilangkan dengan menggosokkan dua kepala bersama-sama, atau dengan menyikatnya dengan jari-jari Anda atau sikat yang kaku. Biarkan biji mengering selama beberapa hari kemudian simpan dalam stoples kaca kedap udara di lemari es untuk mempertahankan rasa.

Resep & Penyimpanan Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin, protein, dan mineral, serta asam linoleat yang membantu tubuh memetabolisme lemak dengan baik. Mereka mengandung sekitar 24 hingga 27 persen protein, hanya sedikit kurang dari berat yang sama dari daging sapi giling. Selanjutnya, biji bunga matahari mengandung sekitar dua kali lipat zat besi dan kalium dan sekitar 4 kali lipat fosfor daging sapi. Biji bunga matahari mentah juga mengandung vitamin B dan E, dan sedikit vitamin A. Berkecambah, mereka juga mengandung vitamin C.

Gunakan benih untuk camilan, sendiri atau dicampur dengan kismis, keripik buah kering, dan kacang-kacangan. Tambahkan biji bunga matahari dikupas ke salad dan menggunakannya dalam resep buah atau sayuran. Pengganti biji bunga matahari untuk kacang dalam baking.

Untuk memanggang biji untuk meningkatkan rasa, kecokelatan dalam wajan di atas api sedang-rendah selama sekitar 10 menit, atau di atas loyang di oven pada suhu 350 derajat F selama sekitar 10 menit.