Cara Menanam, Memanen Dan Menyimpan Lobak Dengan Benar

Cara Menanam Lobak Untuk Pemula
Cara Menanam Lobak Untuk Pemula

Lobak tumbuh dan terasa paling enak saat panen di musim dingin. Untuk panen di akhir musim semi, tabur biji lobak langsung di kebun 2 hingga 3 minggu sebelum tanggal beku terakhir rata-rata di musim semi.

Menabur lobak di akhir musim panas untuk panen musim gugur; di awal musim gugur untuk panen akhir musim gugur; dan di akhir musim gugur untuk panen musim dingin di daerah musim-terbalik.

Deskripsi. Lobak adalah tanaman cuaca dingin dua tahunan yang tumbuh sebagai sayuran. Lobak memiliki roset daun hijau cerah yang tumbuh dari bengkak, seperti akar atau umbi. Lobak ditanam sebagai sayuran akar atau daun hijau,

Hasil lobak. Tanam 5 hingga 10 tanaman per anggota rumah tangga.

Tumbuhkan lobak di bawah sinar matahari penuh atau sebagian teduh. Tanaman lobak di tanah berdrainase baik yang kaya akan bahan organik dengan pH tanah 5,5 hingga 6,8. Siapkan tempat tidur tanam di muka dengan menerapkan kompos taman dan pupuk kandang yang sudah berumur. Tambahkan pasir atau gipsum ke tanah liat yang berat atau siapkan bedengan dengan menanam pupuk hijau dan masukkan ke bedengan pada musim sebelum penyemaian.

Waktu Tanam lobak. Lobak adalah tanaman cuaca dingin yang membutuhkan 30 hingga 60 hari untuk panen. Lobak tumbuh paling baik di suhu dari 40 ° F hingga 75 ° F. Mereka paling baik dipanen sebelum suhu melebihi 75 ° F. Menabur benih lobak langsung di kebun 2 hingga 3 minggu sebelum rata-rata tanggal beku terakhir di musim semi untuk akhir musim semi atau panen awal musim panas. Menabur lobak di akhir musim panas untuk panen musim gugur; di awal musim gugur untuk panen akhir musim gugur; dan di akhir musim gugur untuk panen musim dingin di daerah musim-terbalik.

Menanam dan Meletakkan lobak. Lobak tidak dapat ditransplantasikan dengan baik. Menabur benih langsung di kebun sedalam ½ inci dan terpisah 1 inci di baris lebar, bibit sukses tipis dari 4 hingga 6 inci terpisah. Baris lebar ruang terpisah 12 hingga 24 inci. Lobak tipis ditanam untuk sayuran dari 2 hingga 3 inci terpisah.

Air dan makan. Jaga agar tanah tetap lembab agar lobak tumbuh secepat mungkin. Jangan biarkan tanah mengering. Ketika lobak tumbuh perlahan, akarnya menjadi kayu dan beraroma kuat. Side dress lobak dengan kompos tua di pertengahan musim.

Tanaman pendamping. Kacang semak, kacang polong, kacang polong selatan.

Perawatan lobak. Tetap tanam bedengan gulma gratis. Kepadatan bisa menyebabkan akar kecil. Mulsa lobak dengan jerami untuk melindungi bagian atas umbi dari sengatan matahari.

Kontainer Tumbuh lobak. Lobak hijau mudah ditanam dalam wadah. Akar lobak kecil dapat ditanam di wadah lebar sedalam 8 inci.

Hama lobak. Lobak dapat diserang oleh kutu daun dan kutu kutu. Kontrol kutu daun dengan mencubit dedaunan yang terinfestasi dan menyapu populasi besar tanaman. Biarkan gulma di kebun turun untuk mengendalikan kutu kutu.

Penyakit lobak. Lobak dapat dipengaruhi oleh jamur karat putih yang akan menyebabkan lepuh kapas putih kecil di permukaan atas daun dan perubahan warna kuning pada bagian bawah. Kontrol tidak diperlukan.

Panen lobak. Lobak datang untuk panen 30 hingga 60 hari setelah tanam. Angkat akar saat diameternya 2 hingga 3 inci; angkat dengan hati-hati dengan garpu taman. Daun bisa dipotong ketika panjangnya 12 inci; potong dulu daun luar. Bibit yang menipis dapat dipanen untuk sayuran.

Varietas lobak. Semua Top (50 hari, hijau); Kuning (75 hari); De Milan (35 hari); Gilfeather (82 hari); Tepat (40-60 hari); Market Express (38 hari); Bola Top Putih Ungu (57 hari); Milan Merah (35 hari); Mahkota Kerajaan (52 hari); Seven Top (45 hari, hijau); Shogoin (30-70 hari, hijau); Tokyo Cross (35 hari); Pasar Tokyo (35 hari); Vertus (50-60 hari); Telur Putih (50-55 hari); White Lady (34-45 hari); Yorii Spring (38 hari).

Menyimpan dan Melestarikan lobak. Lobak hijau akan disimpan di lemari es hingga 7 hari. Akar akan disimpan selama 2 bulan di lemari es atau simpan akar di tempat yang dingin dan lembab selama 4 hingga 5 bulan, jangan didinginkan. Lobak yang dimasak bisa dibekukan hingga 6 bulan.

  • Nama yang umum. Lobak
  • Nama botani. Brassica rapa
  • Asal. Eropa Timur Laut, Siberia

KAPAN HARUS MEMANEN LOBAK:

• Panen lobak saat pucuk akar berdiameter 1 hingga 1 ½ inci tetapi tidak lebih dari 2 ½ inci.

• lobak yang terlalu besar akan beraroma kuat dan seringkali menjadi keras dan berserat.

• Panen lobak muda dan lunak. Potong daun luar sekitar satu inci di atas mahkota dan daun akan tumbuh kembali dengan cepat. Jangan memotong terlalu banyak daun atau Anda akan memperlambat pertumbuhan akar.

• Akar lobak siap panen 40 hingga 50 hari setelah tanam.

Lobak adalah tanaman musim dingin yang tumbuh paling baik pada suhu antara 60 ° dan 65 ° F (15-18 ° C). Lobak tidak tumbuh dengan baik dan rasa akan menderita jika ditanam di mana suhu siang hari secara konsisten lebih besar dari 80 ° F (26 ° C).

Jika musim dingin sedang dan tanahnya dikeringkan dengan baik, tinggalkan lobak di tanah sampai Anda membutuhkannya, tetapi panenlah sebelum mulai tumbuh lagi di musim semi.

Lobak dapat mengambil lapisan atas, tetapi ketika tanah membeku, angkat akar sebelum tanah membeku. Beku akan kuning dan layu hijau lobak.

CARA MEMANEN LOBAK:

• Cara terbaik untuk menarik lobak saat tanah kering. Tarik atau angkat akar dengan hati-hati dari kebun agar tidak merusak atau melukai mereka. Gunakan garpu tangan kebun untuk melonggarkan tanah di sekitar akar jika perlu.

• Putar hijau setelah mengangkat akarnya. Melepaskan bagian atas sebelum penyimpanan akan sangat memperpanjang masa penyimpanan.

CARA MENYIMPAN LOBAK:

• Simpan lobak terbaik; akar yang rusak atau memar tidak akan disimpan dengan baik dan harus dimakan segera setelah panen. Gosok tanah dengan lembut dari akarnya sebelum menyimpannya. Jangan mencuci akar sebelum Anda menyimpannya; jika Anda melakukannya, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh.

• Simpan lobak di tempat yang dingin dan lembab sedekat mungkin dengan pembekuan tanpa pembekuan sebenarnya, 32 ° -40 ° F (0 ° -4 ° C) dan kelembaban relatif 95 persen.

• Simpan lobak yang dibungkus kain lembab atau serbet kertas di dalam kantong plastik berlubang di laci rak sayuran di kulkas. Lobak akan disimpan di kulkas selama 4 hingga 5 bulan.

• Simpan lobak hijau seperti halnya lobak.

• Jika tidak ada ruang di lemari es, akar lobak juga dapat dikemas dalam wadah — ember atau kotak penyimpanan plastik atau pendingin — di pasir lembab, lumut gambut, atau serbuk gergaji. Jangan mengemas akar terlalu erat; jika akar menyentuh mereka dapat mulai membusuk; pastikan untuk menyisakan 5 cm bahan insulasi di bagian atas, bawah, dan samping akar yang disimpan. Pasang tutupnya dengan longgar sehingga ada sirkulasi udara yang baik dan letakkan wadah di tempat yang dingin seperti ruang bawah tanah, garasi, atau gudang.

• Sering periksa akar di gudang dan singkirkan yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan.