Inilah Beberapa Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Tanaman Tomat

Masalah Pada Tanaman TomatMasalah Pada Tanaman Tomat
Masalah Pada Tanaman Tomat

Terkadang tomat tidak tampak seperti yang Anda harapkan. Berikut adalah beberapa kebiasaan tomat yang mungkin Anda lihat yang disebabkan oleh serangga atau penyakit – dan apa (jika ada) yang harus dilakukan terhadapnya.

Buah berbentuk aneh

Juga disebut catfacing, ini tidak ada hubungannya dengan kucing; kata itu menggambarkan kerutan atau cacat buah. Hal ini dapat terjadi pada stroberi dan tomat yang terpapar pada suhu di bawah 50 derajat ketika mekar atau buah pengaturan. Cuaca dingin mengganggu penyerbukan dan dapat menyebabkan bunga menempel pada buah yang sedang tumbuh, yang membuat bagian buah tidak berkembang. Sementara itu, bagian lain berkembang, jadi Anda berakhir dengan buah yang tampak aneh dan bekas luka. Ini paling umum pada tipe berbuah besar.

Sunscald

Tanaman tomat melindungi buahnya dengan payung daun. Pada cuaca yang cerah dan panas, buah yang terpapar sinar matahari dapat mengalami bintik melepuh atau terbakar matahari. Ini paling umum pada buah hijau. Pada awalnya bercak kuning muncul pada bagian tomat yang berada di bawah sinar matahari langsung yang panas; ketika buah matang, itu membentuk bintik abu-abu dengan permukaan tipis. Ini bukan alasan untuk menghindari sinar matahari penuh kecuali Anda tinggal di iklim gurun, di mana sedikit teduh sore tidak apa-apa. Tomat memiliki penutup daun yang cukup untuk mencegah masalah ini terjadi pada sebagian besar buah.

Kulit terbelah

Ketika tomat mengisi dengan air terlalu cepat, biasanya setelah mantra kering, kulit bisa pecah. Beberapa varietas “tahan retak,” yang artinya tidak mudah pecah, tetapi tidak ada yang tahan retak. Pastikan untuk memanen dan makan buah dengan retakan segera. Ditinggal di tanaman, retakan sering membusuk, atau segera ditemukan oleh kumbang kecil.

Daunnya terbakar matahari

Jika tanaman tomat baru Anda tiba-tiba mengembangkan bercak abu-abu-putih pada daun dalam cuaca panas dan cerah tak lama setelah tanam, itu bisa menjadi kasus sederhana terbakar matahari. Tanaman mungkin dalam kegelapan di truk kami dan kemudian di tempat teduh di toko selama beberapa hari. Ketika tiba-tiba terbenam di bawah terik matahari penuh, daunnya bisa terbakar. Jangan khawatir: pabrik akan pulih. Bukankah menarik bahwa daun, seperti kulit musim dingin kita, dapat bereaksi terhadap ledakan matahari yang tiba-tiba pertama itu?

Bawah tomat membusuk

Ini biasanya menandakan busuk ujung bunga, suatu kondisi yang memiliki beberapa penyebab dan umum terjadi pada cuaca kering. Baca lebih lanjut tentang itu – dan temukan apa yang dapat Anda lakukan tentang itu.

Mekar jatuh

Jika cuaca musim semi terlalu dingin, atau gelombang panas musim panas masuk, bunga tomat bisa turun. Hal-hal akan membaik ketika suhu kembali normal. Sebagian besar tomat membutuhkan suhu antara 55 dan 75 atau 80 derajat untuk menghasilkan buah, tetapi varietas Bonnie secara khusus dibiakkan untuk menerima hukuman yang lebih sedikit. Anda dapat menanam varietas awal (seperti Early Girl) dan varietas toleran panas tambahan (seperti Solar Fire dan Heatmaster) jika cuaca ekstrem khas di tempat Anda tinggal. Lihat halaman Tomato Varietas kami untuk tomat yang terbaik disesuaikan dengan iklim dingin atau panas.

Bahu hijau

Beberapa tomat secara alami menyimpan sedikit warna hijau di bagian atas, atau “bahu,” buah. Ini adalah sifat genetik yang paling umum pada pusaka dan hibrida yang lebih tua. Pilih ketika sisa buah terlihat matang.

Batang bergelombang

Terkadang Anda akan melihat banyak tonjolan kecil di batang utama (lihat gambar di atas halaman). Untungnya, ini biasanya tidak ada yang buruk. Mereka hanya “primordia akar,” atau tahap akar paling awal yang akan berkembang jika batangnya berada di bawah tanah. Mereka paling umum di cuaca basah. Kadang-kadang benjolan menandakan kerusakan akar bawah tanah, jadi perhatikan kesehatan keseluruhan tanaman.

Batang kasar

Terkadang benjolan-benjolan di batang itu menjadi putih seperti bulu. Mereka disebut akar udara (atau adventif), dan hanya itu mereka adalah: pertumbuhan yang akan berubah menjadi akar biasa jika berada di tanah. Meskipun akarnya sendiri bukan merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dengan tanaman, mereka sering berkembang di mana ada kelembaban berlebih (misalnya, ketika ada banyak hujan, atau jika tanaman ditanam di daerah di mana air cenderung kolam), jadi pastikan Anda membiarkan tanaman banyak drainase.