Inilah Tips Cara Menanam Basil Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Basil
Cara Menanam Basil

Tanaman basil adalah tanaman yang hidup pada cuaca hangat tahunan yang tumbuh sangat cepat dalam cuaca 80 hingga 90 derajat. Saat menanam kemangi, perhatikan bahwa dua atau tiga tanaman akan menghasilkan banyak daun segar untuk keluarga berempat – kecuali Anda berencana untuk membuat pesto. (Untuk membuat dan membekukan pasokan pesto musim dingin, tanam selusin atau lebih.) Banyak tukang kebun mencampur berbagai jenis kemangi di hamparan bunga mereka, di mana ia siap untuk panen cepat kapan saja. Ini juga bagus untuk wadah.

Tanah, Penanaman, dan Perawatan

Basil membutuhkan 6 hingga 8 jam berjemur; di Selatan dan Barat Daya, manfaat dari naungan sore. Mulailah dengan tanaman kemangi muda yang kuat dari Bonnie Plants® untuk hasil terbaik, dan atur setidaknya 2 minggu setelah salju terakhir di musim semi. (Penanaman musim panas juga oke.) Ruang pada jarak yang direkomendasikan pada label, yang umumnya berjarak 12 hingga 18 inci. Tanaman sangat sensitif terhadap embun beku, jadi jaga agar tanaman terlindungi jika mantra dingin terlambat.

Basil menyukai tanah yang kaya, lembab, tetapi berdrainase baik dengan pH 6 hingga 7. Tes tanah Anda, atau cukup perbaiki dengan menambahkan banyak nutrisi organik dari kompos, tepung darah, atau tepung biji kapas. Atau, tambahkan saja beberapa inci dari Miracle-Gro® Performance Organics ™ yang diperkaya kompos yang sudah berumur kompos ke tanah lapisan atas tanah asli Anda. Jika menanam dalam wadah, gunakan pot besar agar tanaman tidak cepat kering dalam cuaca panas. Isi pot dengan Miracle-Gro® Performance Organics ™ All Purpose Container Mix, yang juga mengandung kompos tetapi lebih ringan dan lebih tebal dari pada tanah, sempurna untuk tumbuh dalam pot.

Sementara tanah yang kaya dan bergizi adalah titik awal yang baik untuk menanam kemangi, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda juga memberi makan tanaman Anda secara teratur — terutama karena kemangi dipanen banyak untuk banyak daun. Pupuk kemangi Anda dengan Miracle-Gro® Performance Organics ™ Nutrisi Tanaman Serba Guna untuk membantu menjaga agar daun baru tetap lembut saat Anda mencubit ujung batang. Ini lebih dari sekedar memberi makan tanaman Anda, juga memberi makan mikroba menguntungkan di tanah yang membantu tanaman mengambil semua nutrisi yang mereka butuhkan.

Sirami air dalam-dalam dan menyeluruh kapan pun bagian atas tanah kering. Ingatlah bahwa pot cenderung mengering lebih cepat daripada kebun di tanah, dan di mana pun Anda menanam, Anda mungkin perlu menyirami air lebih sering saat suhu naik. Anda juga mungkin ingin menambahkan mulsa di sekitar tanaman kemangi Anda untuk membantu menjaga tanah tetap lembab dan memperpanjang waktu di antara penyiraman.

Ingin menanam basil di dalam ruangan? Bacalah artikel Cara Menanam Jamu di Dalam Negeri kami untuk kiat menanam dalam pot, atau pertimbangkan menanam kemangi dalam sistem tumbuh berbasis air (alias hidroponik) seperti Miracle-Gro® Twelve ™ Indoor Growing System. Begini cara kerjanya: Tanaman tumbuh langsung di air yang beredar di sekitar akar, memberikan semua udara, kelembaban, dan nutrisi yang mereka butuhkan, sementara lampu LED tumbuh memberikan “sinar matahari”. Lingkungan yang bagus untuk tumbuh!

Penyelesaian masalah

Kadang-kadang, kemangi terganggu oleh kutu daun, siput, atau kumbang Jepang. Namun, ancaman terbesar adalah drainase yang buruk, sehingga untuk menghindari busuk akar, tanam di lokasi yang dikeringkan dengan baik. Juga, jangan biarkan terlalu kering, atau pertumbuhan mungkin terhambat. Jika tanaman Anda menjauh dari Anda ke titik di mana mereka membuat benih dan telah berhenti tumbuh, potong sepertiga bagian atas batang dan pupuk dengan pupuk cair. Jangan pernah memotong bagian kayu yang berkayu, atau tanaman tidak akan tumbuh kembali.

Panen dan Penyimpanan

Panen daun dengan mencubitnya dari batang kapan saja setelah tanaman muda mencapai ketinggian 6 hingga 8 inci. Jepit daun dari ujung batang untuk mendorong tanaman untuk bercabang dan membuat lebih banyak daun. Usahakan agar batangnya terjepit bahkan jika Anda tidak menggunakan daunnya; jika tidak, tanaman akan mulai berbunga dan membuat biji, dan akan berhenti menghasilkan daun. Pada prediksi pertama bahkan embun beku paling ringan, silakan panen semua kemangi Anda karena akan dengan cepat berubah menjadi hitam dalam cuaca dingin. Buat ini menjadi mudah dengan memotong seluruh tanaman di permukaan tanah, lalu ambil daun terbaik. Anda bisa mengeringkannya, tetapi membekukannya atau menggunakannya dalam cuka paling baik menjaga rasa rempah. Anda juga bisa menggunakan daunnya untuk membumbui minyak dan pesto, yang harus disimpan dalam lemari es atau dibekukan. (Namun, jangan menyimpan daun segar di lemari es, karena akan berubah warna menjadi coklat.)

Anda juga dapat menyimpan potongan batang segar selama beberapa hari dengan menempatkan ujung potongannya ke dalam air seperti bunga potong. Mereka akan menambahkan aroma segar ke udara.

Penggunaan

Untuk rasa sepenuhnya, tambahkan basil segar ke masakan dalam 5 atau 10 menit terakhir waktu memasak. Gunakan kemangi segar dalam hidangan tomat, sup, salad, saus, dan pasta. Citarasanya menyatu dengan peterseli, rosemary, oregano, thyme, dan sage.