Kapan Waktu Yang Tepat Dalam Memanen Buah Dan Sayuran? Simak Tipsnya Di Sini

Bagaimana Anda tahu kapan buah dan sayuran siap dipetik? Apakah Anda seorang tukang kebun atau pembeli kelontong, panduan panen ini akan membantu Anda mengenali kapan buah dan sayuran musim panas Anda berada di puncak rasa.

Waktu Yang Tepat Dalam Memanen Tanaman
Waktu Yang Tepat Dalam Memanen Tanaman

5 TIPS MENGAMBIL

  1. Ingat, lebih besar tidak selalu lebih baik. Banyak sayuran terasa paling enak sebelum mereka tumbuh terlalu besar. Misalnya, zucchini paling baik dipetik ketika panjangnya 6 sampai 8 inci. Mereka masih baik nantinya, tetapi mereka telah mencapai kematangan puncaknya dan rasa mereka akan mulai memburuk.
  2. Tidak semua buah dan sayuran dipanen dengan cara yang sama. Misalnya, buah pir dipetik ketika masih keras! Semangka harus dikembangkan sepenuhnya sebelum dipetik. Tomat dapat matang atau mematikan anggur.
  3. Sangat lembut saat Anda memilih. Misalnya, berhati-hatilah untuk tidak menarik buah atau sayuran. Batang dan rantingnya mudah patah. Gunakan dua tangan untuk mengambil; pegang batang di satu tangan dan pilih dengan yang lain. Jika tanaman matang tetapi tidak mudah ditarik dengan tangan (seperti terong), gunakan gunting pemangkasan.
  4. Setelah tanaman mulai berproduksi, periksa kebun setiap hari! Memetik sayuran segera setelah matang sering mendorong tanaman untuk menghasilkan lebih banyak! Kalau tidak, banyak sayuran akan melesat dan berbunga saat mereka “berpikir” sudah selesai. Jepit atau kurangi herba sesering mungkin agar tetap produktif (dan agar tidak berbunga).
  5. Anda selalu bisa mempertahankan panen yang terlalu banyak. Misalnya, kacang hijau dapat direbus dalam air mendidih selama satu menit, didinginkan dalam air es, dan dibekukan. Zucchini dan squash juga bisa dibekukan atau dibuat menjadi roti zucchini! Lihat tips kami tentang melestarikan panen Anda.

Punya lebih banyak pertanyaan tentang tanaman tertentu? Klik pada tanaman yang terhubung di bawah ini untuk langsung ke halaman tanaman dengan tips menanam dan memanen!

SAYURAN DAN HERBAL

Artichoke
Gumpalan harus besar, padat, dan tertutup rapat. Green bracts (“daun” kuncup) tidak layu dan mencicit jika diperas dengan lembut.

Asparagus
Potong tombak yang panjangnya sekitar 6 inci. Cari ujung yang tertutup rapat dan tangkai yang kuat namun lembut (baik tebal atau tipis).

Kemangi
Panen segera setelah kuncup bunga mulai muncul (tetapi sebelum mereka membuka) untuk rasa terbaik.

Kacang polong
Cicipi satu dan putuskan. Varietas standar dari buncis siap dipanen ketika setebal pensil dan sebelum biji membuncit dan terlihat melalui polong. Kacang lima siap ketika polongnya berwarna hijau dan terasa penuh. Saat polong menjadi putih atau kuning, beri mereka makan ke babi atau tumpukan kompos.

Bit
Cari akar ukuran kecil hingga sedang (berdiameter 1 ½ hingga 3 inci). Bit dapat dipanen kapan saja, tetapi yang lebih besar sering kali lebih keras dan berkayu. Bit harus memiliki daging yang halus, kencang, menunjukkan warna yang kaya, dan memiliki daun hijau yang sehat (tidak layu).

Jika Anda memakan bit untuk sayuran mereka, mereka dapat dipanen kapan saja setelah daunnya panjang 4 hingga 6 inci.

Brokoli
Pilih kapan kepala bunga brokoli berwarna biru kehijauan dan kuncupnya kompak — sebelum kuncupnya menguning atau mulai berbunga. Potong 6 hingga 7 inci di bawah kepala bunga. Jika bagian bawah atas berwarna kuning, brokoli terlalu matang. Tangkainya harus keras dan hijau harus hijau dan segar (tidak lemas). Daunnya yang kecil dan lembut juga bernutrisi.

Kubis Brussel
Panen kecambah (tunas) ketika mereka mencapai setidaknya 1 inci diameter, panen dari bagian bawah tangkai terlebih dahulu. Perhatikan bahwa rasa kubis Brussel ditingkatkan oleh satu atau dua es ringan. Jangan mengupas daun karena dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Kubis
Carilah kepala yang tegas dan daun yang renyah dan kaya warna. Hindari kepala yang retak, warna pucat, atau daun layu.

Wortel
Wortel muda adalah yang paling manis. Wortel matang dengan diameter ½ inci hingga 1 inci. Carilah warna cerah, tubuh kokoh, dan kulit halus. Daunnya harus garing dan hijau. Wortel yang telah membelah (karena cuaca yang terlalu kering atau basah) sering terasa pahit.

Kol bunga
Kepala harus kompak, putih, dan kencang — berdiameter sekitar 6 hingga 7 inci. Daunnya harus berwarna hijau cerah. Jika kepalanya lunak atau daunnya kuning, kembang kol sudah melewati puncaknya. Agar kepala tidak menguning, lipat daun luar di atas kepala saat diameternya hanya 2 hingga 3.

Seledri
Tangkai harus dipanen saat panjangnya delapan inci. Carilah aroma segar, tangkai keras, rona hijau dan mengkilap, dan daun hijau sehat.

Chives
Potong sebelum bunga ungu terbentuk, dan potonglah agar rasanya lebih manis.

Jagung
Jagung adalah yang sulit untuk diukur. Telinga yang matang dan baru dipetik memiliki kulit yang melekat rapat yang lentur, sehat, dan hijau. Jumbai di bagian atas berwarna coklat. Telinga di dalamnya terasa montok, bukan kurus. Jika Anda membuka telinga dan menusuk kernel dengan kuku Anda, cairan seperti susu seharusnya keluar; jika mengandung air atau kering, itu tidak baik. Telinga yang terlalu matang akan terlihat creamy (versus ringan dan susu) dan mungkin terasa seperti tepung. Biji-biji tersebut harus montok dan disusun dalam barisan ketat yang memanjang hingga ke ujung telinga. Panen lebih awal di pagi hari dan makan dalam waktu 72 jam untuk rasa terbaik. Jika tidak memungkinkan, dinginkan telinga di atas es lalu dinginkan.

Catatan: Jagung mulai kehilangan rasanya begitu dipetik. Tempatkan telinga di kulkas segera atau pelajari cara membekukan jagung Anda.

Mentimun
Panen ketika panjangnya sekitar 6 inci atau segera setelah cukup besar untuk digunakan. Carilah kulit hijau tua yang kaya dan tubuh yang kuat dan kencang. Cukes kecil adalah yang paling manis dan memiliki biji paling lembut. Jika terlalu besar, cukes berubah kekuningan atau kusam. Mereka akan terasa kumuh dan pahit. Simpan di lemari es dalam bungkus plastik atau kantong plastik ritsleting atau mereka akan cepat kering.

Terong
Panen dengan diameter 4 hingga 6 inci saat kulit buahnya halus, berkilau, dan tidak kusut. Warnanya harus kaya warna dan tubuh harus berat dan tegas. Jika Anda memotong terong terbuka, ia akan memiliki taburan biji putih yang belum matang. Buah-buahan tanpa biji terlihat tidak dewasa, dan keras, biji gelap ditemukan di terong matang. Hindari terong ukuran besar. Jika warna terong pudar atau kehilangan kilau, warnanya terlalu matang dan mungkin terasa pahit.

Bawang putih
Pembungkus atau “kertas” harus tidak putus, kencang, dan kering (tidak hancur). Saat panen, bagian atasnya akan menguning. Bola lampu harus keras dan lurus, tidak layu atau kenyal. Hindari kecambah.

Kangkung
Panen daun kangkung matang saat ukuran tangan Anda atau sedikit lebih besar. Seperti halnya bayam, daun yang lebih muda akan lebih empuk.

Daun bawang
Panen saat bagian putihnya berdiameter sekitar satu setengah inci.

Selada (Kepala)
Selada kepala harus berdiameter sekitar 6 inci dengan kepala yang padat dan padat yang sedikit menghasilkan saat diperas. Cari bersih, daun segar dengan warna sehat. Dengan daun selada, pilih kapan saja, tetapi daunnya jauh lebih lembut dan beraroma ketika panjangnya kurang dari lima inci.

Okra
Pilih polong ketika mereka 2-½ sampai 4 inci, atau sekitar 4 sampai 6 hari, setelah bunga layu. Mereka menjadi sangat tangguh dan berserabut jika dibiarkan tetap di pabrik. Terus memetik dan okra akan terus datang. Mereka mulai di pangkalan dan naik tanaman (yang bisa mencapai 6 hingga 8 kaki di Selatan). Jika polong terlalu besar untuk dimakan, pilih juga.

Bawang
Tunggu hingga bagian atas bawang jatuh dan berubah warna menjadi cokelat sebelum Anda menariknya. Biarkan umbi mengering selama beberapa hari, kemudian potong bagian atas dan membusuk dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Panen bawang hijau dengan tinggi 6 sampai 8 inci dan umbi berdiameter 1 hingga 2 inci.

Lobak
Parsnips siap panen setelah sekitar 16 minggu. Biarkan mereka di tanah selama setidaknya beberapa es untuk memaksimalkan rasa mereka.

Kacang polong
Pilih saat besar tetapi sebelum polong mengerut pada batang dan ambil gips keputihan kusam. Yang terbaik adalah memilih polong “uji” dan membukanya untuk melihat apakah benih sudah mulai membengkak dan bulat tetapi masih lunak.

Paprika
Pilih paprika segera karena hijau mengkilap dan seukuran bisbol. Jika Anda lebih suka paprika kuning, oranye, atau merah, biarkan saja pada tanaman anggur lebih lama dan mereka akan menjadi lebih manis. (Jangan sabar.) Cabai panas yang tersisa untuk berubah warna akan semakin panas. Juga, berhati-hatilah saat memetik paprika; gunakan gunting pemangkasan atau pisau tajam agar Anda tidak mematahkan batangnya.

Kentang
Kentang harus memiliki tubuh yang kuat dan berat untuk ukuran, tanpa bintik-bintik hitam atau lembut, kecambah, keriput, atau semburat kehijauan. Tunggu sampai dedaunan mereda selama satu atau dua minggu dan kemudian gali.

Labu Musim Dingin
Labu butternut, labu biji, dan labu musim dingin lainnya siap dipanen ketika kulit mengeras. Tekan kuku Anda melalui daging. Jika Anda harus melakukannya, labu sudah matang; jika sangat mudah ditembus, labu belum matang. Kulit harus penuh (tidak mengkilap), kencang, dan kaya warna tanpa cacat atau retak atau bintik-bintik lembut. Batangnya harus kering dan kencang.

Labu
Panen ketika buah-buahan ukuran penuh dan kulitnya adalah warna yang diinginkan karena mereka tidak akan terus mematangkan anggur. Kulit harus tegas dan mengkilap. Biarkan labu di batang agar lebih baik disimpan dan dipetik sebelum jatuh. Saat Anda panen, potong batang dengan pisau tajam, sisakan setidaknya satu inci batang. Jangan pernah mengangkat labu di batangnya. Perlu diingat bahwa labu perlu disembuhkan di Matahari selama dua minggu sebelum disimpan. Lihat lebih lanjut tentang penyimpanan di panduan pertumbuhan labu kami.

Lobak
Pilih ketika satu inci dengan diameter atau mereka akan berubah “panas” dan berkayu. Carilah tubuh yang kuat, halus, dan berbentuk baik. Warnanya harus cerah. Daunnya harus sehat dan hijau.

Bayam
Carilah daun hijau sehat yang panjangnya 4 hingga 6 inci. Bayam yang dibiarkan terlalu lama di tanah akan memiliki daun yang terlalu besar dan rasanya pahit.

Squash Musim Panas
Labu kuning dan zucchini adalah yang terbaik saat panjangnya 4 hingga 8 inci. Pilih mereka muda ketika Anda bisa menusuk kulit dengan kuku. Banyak lagi yang akan mengikuti. Mereka harus merasa keras, berat untuk ukuran, dan menunjukkan kulit yang cerah dan sehat serta batang. Hindari kulit kusam atau keras, tubuh besar, bintik-bintik lembut, noda, dan batang kering.

Ubi jalar
Jika panen, gali saat tanaman merambat menguning dan berhati-hatilah untuk menghindari akar dan memar yang patah. Panen sebelum salju pertama di Utara. Sembuhkan di tempat yang berventilasi baik dan hangat selama 2 hingga 3 minggu. Carilah tubuh yang tegas tanpa semburat kehijauan, bintik-bintik lembut atau kerutan. Untuk menghindari melukai umbi, gunakan garpu penggali untuk melonggarkan lingkaran selebar 18 inci di sekitar tanaman dan gunakan tangan Anda untuk menggali dengan lembut.

Ubi jalar perlu disembuhkan di tempat yang hangat (80 ° F hingga 90 ° F), tempat teduh, berventilasi baik selama sekitar 10 hari. Cuci dan atur di tempat teduh di luar sebelum disimpan di tempat yang dingin (meskipun tidak lebih dingin dari 50 derajat).

Swiss chard
Potong daun pertama saat tingginya 4 hingga 6 inci. Kemudian biarkan daun tumbuh sampai tingginya 6 sampai 10 inci sebelum memotong lagi.

Tomat
Biarkan tomat Anda pada pokok anggur selama mungkin untuk rasa yang paling dan rasa kompleks. Tomat merah yang sempurna untuk dipetik akan sangat kaya warna, terlepas dari ukurannya. Tomat yang matang akan sedikit keras dan montok — tidak keras — saat diperas dengan lembut. Kulit akan menjadi halus dan mengkilap. Aromanya akan harum.

Jika cuaca beku diperkirakan, Anda dapat memetik tomat sedikit hijau untuk matang di dalam ruangan. Simpan saja di dalam ruangan di tempat gelap pada suhu kamar. Jangan sekali-kali mendinginkan tomat, karena suhu di bawah 55 ° menyebabkan senyawa aroma rusak. Pertahankan tomat dengan pengalengan atau pengeringan.

Lobak
Lobak mencicipi terbaik adalah ukuran bola golf. Mereka memiliki tubuh yang tegas, kulit halus, warna yang kaya, dan daun segar yang sangat hijau.

BUAH-BUAHAN

Apel
Carilah warna yang kaya, kulit halus, dan tubuh yang kencang. Di pohon, batang harus siap dari cabang ketika buah ditangkupkan di telapak tangan Anda dan diberi sedikit lilitan, lalu naik.

Blackberry
Cari buah montok dengan warna hitam, seragam yang seragam dengan sedikit kusam. Hindari warna kemerahan.

Bluberi
Carilah buah beri yang montok dan kokoh dengan warna biru tua yang seragam dengan lapisan putih bubuk (disebut bloom). Jika memilih sendiri, jangan buru-buru memetik buah beri segera setelah warnanya membiru. Tunggu beberapa hari. Ketika mereka siap, mereka harus jatuh tepat ke tangan Anda.

Blewah dan Melon Melon
Cari aroma yang harum, suara hampa saat berdebar, dan ujung mekar yang sedikit kenyal saat ditekan (tapi jangan terlalu sering menekan!). Warna di bawah kelambu kulit harus kuning atau warna krem ​​dan pola kelambu menjadi lebih jelas. Di batang, muncul retakan yang mengelilingi pangkal batang. Melon yang matang harus langsung terlepas dari pokok anggur.

Ceri
Carilah buah yang montok dan kencang dengan warna mengkilap, seragam, gelap untuk variasi dan aroma yang harum.

Buah ara
Buah ara harus dibiarkan matang sepenuhnya di pohon. Buah harus memberi sedikit ketika diperas, tetapi tidak harus terlalu empuk. Warna buah matang akan tergantung pada varietas pohon. Buah ara tumbuh tegak lurus dari cabang dan akan sedikit menggantung ketika siap dipanen. Kenakan sarung tangan dan lengan panjang saat memetik buah ara, karena getah pohon dapat mengiritasi kulit.

Anggur
Carilah buah anggur yang montok dan keras yang melekat erat pada batangnya. Jika varietas hijau, warnanya harus hijau diwarnai dengan kuning; jika varietas merah, warnanya harus merah tua tanpa hijau; Jika varietas ungu, warna harus hampir hitam tanpa hijau.

Lemon dan Jeruk
Indikator kematangan terbaik adalah rasa. Namun, mulailah dengan lemon yang berat untuk ukurannya dan menunjukkan warna kuning cerah. Hindari warna kusam atau kehijauan dan bintik-bintik lembut.

Persik
Pada puncaknya, buah persik memiliki warna emas dan tubuh yang menghasilkan dengan mudah ketika diperas dengan lembut. Seharusnya tidak ada hijau yang tersisa pada buah. Jika Anda memetik satu pohon, buah persik harus keluar dari pohon hanya dengan sedikit putaran. Buah-buahan yang ditemukan di bagian atas dan luar pohon biasanya matang terlebih dahulu.

Buah pir
Panen pir saat mereka dewasa tetapi masih sulit. Kebanyakan varietas tidak berubah warna saat matang, tetapi warnanya harus konsisten dan aromanya harum. Area batang harus menghasilkan sedikit tekanan.

Plum
Plum akan memiliki rasa terbaik saat dibiarkan matang di pohon selama mungkin. Peras buah dengan lembut, dan jika terasa lunak, prem sudah matang. Buah-buahan yang matang akan keluar dari pohon dengan mudah; hanya memberi mereka sedikit twist.

Raspberi
Berry akan wangi, montok, cukup keras (tidak lembek), dan menunjukkan warna yang cerah dan seragam. Jika Anda memilih sendiri, jangan tarik terlalu keras raspberry Anda. Raspberry yang matang akan meninggalkan anggur dengan sukarela.

Stroberi
Stroberi yang matang sepenuhnya berwarna merah dan mengkilap. Mereka akan gemuk, hijau, dan memiliki aroma yang harum.

Semangka
Terkadang sulit untuk mengetahui kapan harus memanen semangka karena mereka tetap melekat pada pokok anggur bahkan ketika mereka sudah matang. Proses pematangan terjadi selama dua minggu. Perhatikan bentuk tubuh simetris, perut kuning mentega, dan kulit yang tidak terlalu kusam atau berkilau. Jika Anda memanen dari kebun, semangka siap ketika batang melengkung dan berubah menjadi cokelat dan tempat melon menyentuh tanah berubah menjadi kuning. Rap dengan buku-buku jari Anda dan dengarkan suara yang membosankan dan hampa. Semangka akan disimpan selama 2 hingga 3 minggu tanpa pendingin.