Tips Cara Menanam Kubis Atau Kol Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

Cara Menanam Kubis Atau Kol
Cara Menanam Kubis Atau Kol

Tumbuhkan kol dalam cuaca dingin. Mulai benih di dalam ruangan 4 hingga 6 minggu sebelum musim dingin terakhir di musim semi. Menabur benih di luar ruangan saat tanah dapat dikerjakan di musim semi. Tempatkan transplantasi kubis di kebun ketika mereka setinggi 3 sampai 4 inci sedini 3 sampai 4 minggu sebelum salju terakhir di musim semi. Di daerah musim dingin, mulai benih di akhir musim panas untuk panen musim dingin atau musim semi.

Tentang Kubis. Kubis adalah tanaman keras dua tahunan yang tumbuh sebagai cuaca dingin tahunan yang dapat mentolerir salju tetapi tidak panas. Kubis menumbuhkan tunas terminal yang membesar dari daun yang lebar dan tumpang tindih yang disebut kepala di atas batang pendek yang pendek. Kepala bisa bulat, rata, atau runcing. Daunnya bisa halus atau berkerut dalam nuansa hijau atau ungu kemerahan dan kepalanya bisa bulat, pipih atau runcing.

Varietas kubis dapat datang untuk panen di awal musim, pertengahan musim, atau akhir musim.

Terkena embun beku yang parah, kelembaban yang terlalu sedikit, atau terlalu banyak kol panas tidak akan membentuk kepala tetapi malah melesat dan langsung menuju benih.

Kepala kubis – yang sebagian besar terdiri dari air – akan mengembang dan membelah jika cuaca menjadi terlalu hangat karena kepala mengambil air lebih cepat daripada kelembaban yang dapat terjadi dari daun yang tertutup rapat.

Hasil Kubis. Tanam 4 hingga 8 tanaman untuk setiap anggota rumah tangga.

Situs untuk Menumbuhkan Kubis. Tumbuhkan kol di tanah yang kaya akan bahan organik yang dikeringkan dengan baik. Kubis tumbuh paling baik dengan pH tanah antara 6,5 ​​dan 7,5. Tambahkan banyak kompos berumur baik ke tanam sebelum penanaman. Di daerah di mana tanahnya berpasir atau di mana ada hujan lebat, tambahkan tanah dengan nitrogen.

Waktu Tanam Kubis. Kubis tumbuh paling baik di daerah di mana ada musim tanam yang panjang dan dingin dengan suhu antara 45 ° dan 75 ° F. Kubis dapat mentolerir embun beku dan suhu sebentar serendah 20 ° F. Kubis akan melesat ke benih pada suhu lebih dari 80 ° F.

Mulai benih di dalam ruangan 4 hingga 6 minggu sebelum musim dingin terakhir di musim semi. Menabur benih di luar ruangan saat tanah dapat dikerjakan di musim semi. Tempatkan transplantasi di kebun ketika tingginya 3 sampai 4 inci sedini 3 sampai 4 minggu sebelum salju terakhir di musim semi.

Di daerah musim panas, tanam kol di akhir musim semi untuk panen musim gugur. Di daerah musim dingin, mulai benih di akhir musim panas untuk panen musim dingin atau musim semi. Kubis datang untuk panen dalam 80 hingga 180 hari dari biji dan dalam 60 hingga 105 hari dari transplantasi tergantung pada varietas.

Penanaman dan Penempatan Kubis. Tabur benih kubis sedalam 2,5 cm; tanaman tipis terpisah 18 hingga 24 inci. Transplantasi kubis ke kebun ketika tanaman berumur 4 hingga 6 minggu dengan 4 hingga 5 daun asli. Atur tanaman berkaki panjang atau bengkok dalam-dalam, hingga daun asli pertama mereka. Bibit luar angkasa berjarak 18 hingga 24 inci dalam barisan 24 hingga 36 inci. Tanam tanaman suksesi setiap dua minggu atau tanam benih dan transplantasi pada saat yang sama atau tanam varietas awal dan tengah musim pada saat yang sama sehingga mereka datang untuk panen pada waktu yang berbeda.

Air dan Pakan Kubis. Kubis membutuhkan penyiraman yang teratur dan merata. Penyiraman yang tidak merata dapat menyebabkan kepala kerdil atau pecah. Saat tanaman mencapai kematangan, kurangi penyiraman untuk menghindari kepala membelah. Pupuk kubis saat tanaman dibuat dengan pupuk nitrogen tinggi seperti 10-3-3.

Tanaman pendamping untuk kubis. Bit, seledri, bumbu harum, bawang, kentang. Hindari kacang polong, stroberi, tomat.

Perawatan Kubis. Kepala kubis akan membelah ketika mereka tumbuh terlalu cepat dan mengambil terlalu banyak air. Untuk mencegah kerusakan ini, putar kepala seperempat putaran untuk memisahkan beberapa akar dan mengganggu pengambilan air seminggu sebelum panen. Jika kepala kecil saat panen, tambahkan nitrogen ke tanah musim depan dan tanam lebih awal.

Wadah Tumbuh Kubis. Kubis tumbuh dengan mudah dalam wadah setidaknya 8 inci. Dalam wadah besar tumbuh kubis di pusat 12 inci.

Hama Kubis. Kubis dapat diserang oleh cacing tambang, pengupas kubis (didahului oleh ngengat kuning dan putih kecil), dan cacing kubis impor. Hama atau semprot tanaman dengan bacillus thuringiensis.

Penyakit Kubis. Virus kuning, jamur clubroot, dan busuk hitam dapat menginfeksi kol. Busuk hitam, juga disebut kaki hitam, dapat bertahan di tanah hingga 3 tahun. Untuk menghindari penyakit penyakit ini, putar tanaman pada siklus tiga tahun dan beli hanya benih yang telah diolah air panas. Hapus dan hancurkan tanaman yang sakit segera.

Panen Kubis. Kubis siap dipanen dalam 80 hingga 180 hari dari benih tergantung pada varietas atau 60 hingga 105 hari dari transplantasi. Potong kubis saat kepala mengeras dan pangkal kepala berukuran 4 hingga 10 inci. Panen sebelum cuaca menjadi terlalu hangat. Potong kepala yang meninggalkan daun yang menempel di batang. Kepala kecil akan tumbuh dari batang untuk panen nanti.

Menyimpan dan melestarikan. Kubis akan disimpan di kulkas selama 1 hingga 2 minggu atau lebih. Kubis juga bisa dikeringkan dan dibekukan atau disembuhkan dengan air asin sebagai asinan kubis. Biji kubis bisa tumbuh.

Varietas Kubis.

• Varietas kol hijau: Stovehead (60 hari); Jersey Wakefield (63 hari); Golden Acre (65 hari); Hadiah Pasar (73 hari); Green Boy (75 hari); Pembulatan (76 hari); Pita Biru (76 hari); Blue Boy (78 hari); Rio Verde (70 hari); Badger Ban Head (98 hari); Dutch Flat (105 hari).

• Varietas kubis Savoy: Savoy Ace (80 hari); Savoy King (85 hari).

• Varietas kol merah: Acre Merah (76 hari); Bola Merah (70 hari); Pita Merah (78 hari); Kesempurnaan Ruby (90 hari).

Varietas Kubis pada saat panen.

• Kubis hijau awal musim: Bergkabis, Charmant (52-65 hari); Derby Day (58-65 hari), Discovery, Dynamo, Early Jersey Wakefield (63-70 hari); Golden Acre (58-65 hari); Jingan; Julius; Mini Cole; Parel; Primo; Stonehead (50-70 hari).

• Kubis merah awal musim: Barteolo; Bentley; Kardinal; Pasar Kopenhagen Merah; Laso; Lennox; Batu Merah Mammoth (90-95 hari); Red Acre (75-85 hari); Debut Merah; Drumhead Merah (95 hari); Rodan Merah (140 hari); Rookie Merah (78 hari); Rona Red (98 hari), Rougette; Ruby Perfection (83-85 hari); Merah Solid (83 hari).

• Varietas kubis Midseason: Blue Vantage (76 hari); Pasar Kopenhagen (72 hari); Fortuna (80-85 hari).

• Varietas kol akhir musim: Bruswick; Danish Ballhead (100-105); Gloria; Raja Januari; Dutch Flat Akhir (100-110 hari); Savonarch (110 hari); Biru Solid; Wivoy.

Nama yang umum. Kubis

Nama botani. Brassica oleracea capitata

Asal. Eropa Selatan