Yakin Mau Kuliah Ngambil Jurusan Teknik Informatika ? Saya Sarankan Tidak

Untuk kalian yang mau kuliah dan berniat ngambil jurusan Teknik Informatika sebaiknya baca pernyataan berikut ini dahulu. Pernyataan berikut berdasarkan dari pengalaman admin sendiri yang ngambil jurusan D3 Teknik Informatika disalah satu Politeknik Negeri kota admin tinggal. Suka duka banyak admin lalui saat kuliah di Teknik Informatika, bukan masalah salah jurusan. Admin sendiri dulu malah lulusan SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang cukup kompeten. Berdasarkan pengalaman tersebut admin menulis mengapa kalian gak perlu kuliah di teknik informatika.

Tahu gak sih kalian kalau kuliah jurusan Komputer bisa berujung sia-sia? bahkan ada yang berpikiran bahwa sarjana komputer tidak lebih pintar dari pedagang pinggir jalan. Banyak orang yang membayangkan bahwa keterampilan dalam hal ‘komputer’ termasuk programmer dsb adalah sesuatu yang menjanjikan di masa depan. Bener sih menjanjikan jika kalian benar-benar bisa menekuni dan tidak terbawa pengaruh teman saat kuliah. Akan tetapi untuk dijadikan bekal mencari kerja, semua itu bisa salah kaprah.

Berikut alasannya:

1. Jurusan Teknik Informatika bukan jurusan yang mudah.

Hal ini yang fatal banget buat kalian yang mau kuliah ngambil TI dengan embel-embel ‘nanti kerjanya gampang’, ‘nanti biar bisa kerja kantoran’ dsb atau apalah yang menurut admin sendiri salah kaprah banget kalau kalian berpikiran jurusan ini gampang.

Faktnya jurusan TI itu susah banget, jujur admin waktu pertama kali masuk SMK jurusan RPL bingung banget mencerna pelajaran algoritma dasar. Algoritma dasar dalam pemrograman ada unsur matematikanya, hal ini yang membuat admin rada mumet. Tapi seiring 6 bulan awal berlalu dan semangat belajar yang giat, admin berhasil menempati posisi 2 juara kelas pada tahun pertama.

Yang admin rasakan saat belajar IT mulai dari 0 sangat susah banget, kalian perlu memiliki logika yang kuat. Matematika harus bisa, setidaknya kalian gak benci matematika lah.

sebelum kalian terjerumus masuk TI, sebaiknya kalian inget kemampuan dulu. Jangan masuk TEKNIK INFORMATIKA GARA-GARA PACAR ATAU TEMAN DIJAMIN BAKAL NYESEL.

2. Jurusan Teknik Informatika Bukan jurusan IKUT-IKUTAN

Yakin mau masuk teknik informatika ? jangan sekali-kali berpikiran masuk TI kalau kalian hanya ingin tetap bersama pacar atau teman kalian. Karena menurut pengalaman admin, kalau kalian ikut-ikutan saja tanpa kesadaran diri sendiri. Maka dijamin kalian akan sengsara banget di TI.

3. Jangan mengandalkan teman jika masuk jurusan TI

jangan pernah kalian berpikir, ah masuk TI ada temen gw yang pintar tuh santai aja makanya. Salah kaprah banget, masalahnya di jurusan ini kalian harus mengandalkan diri sendiri jangan ngandelin orang lain. Karena setiap pelajaran apalagi saat tes ujian kalian bakal ngadepin semuanya sendiri. Buang jauh2 pikiran mengandalkan teman.

4. Semua yang diajarkan di jurusan TEKNIK INFORMATIKA 100% ADA DIINTERNET KALIAN TINGGAL BROWSING DOANG GA USAH PAKE KULIAH-KULIAH SEGALA.

ini benar, kadang ada guru/dosen yang sangking malesnya ngajar, malah ngasih materi tanpa penjelasan dengan alasan belajar sendiri lah kan ada google. Pengalaman admin dari SMK sampai Kuliah di TI selalu ada dosen/guru yang kaya gini. Jadi pernah terpikir kenapa gua kuliah kalau semua di internet ada, malah kalian bisa belajar sendiri dan fokus pada salah satu bidang misal, Pemrograman. Kalian belajar tentang bahasa pemrograman yang lagi trending, kalian implementasikan untuk studi kasus tertentu misal untuk toko penjualan atau yang lainnya. Gak perlu kuliah kalian bisa dapet uang dari hasil belajar sendiri dari fokus dalam bidang tersebut.

5. Apa yang terjadi jika terlanjur masuk Teknik Informatika dan gak benar-benar menguasainya ?

Ini yang bikin kalian rugi, sudah lama-lama belajar 3-5 tahun malah gak bisa apa-apa. Bisanya cuma nginstal-nginstal aja, ngoding pun ga paham. Kalian sendiri yang rugi apalagi saat Skripsi/Tugas Akhir kalian malah terjerumus untuk membayar orang mengerjakan aplikasi yang menjadi judul Tugas Akhir tersebut dengan harga minimal 2 juta.

6. Kuliah Teknik Informatika membuat orang beranggapan kalian bisa benerin apa saja.

Secara tidak langsung, saudara/teman kalian akan bertanya tentang hal-hal sepele yang mereka pikir kalian bisa benerin. Contoh : bro hp gua kok ga muncul data internetnya, bro lu bisa root hp gua ga, bro setrika mama gua rusak nih tolong benerin ya lu kan anak TI. gua yakin kalian bakal ngerasain itu suatu saat nanti.

Itu semua kembali ke perspektif masing-masing sih. Tapi jika kalian benar-benar mau berjuang belajar dari 0, admin yakin kalian bakal bisa menguasai materi-materi jurusan Teknik Informatika.

Leave a Reply